SAP B1 Reporting Tools

Sebelumnya saya ingin membedakan istilah Form & Report supaya tidak rancu karena istilah ini sering rancu.

Form, adalah sebuah dokumen bisnis yang digunakan sebagai tanda bukti diakuinya sebuah transaksi yang valid secara internal perusahaan (misal, Sales Order, Internal Requisition, Purchase Requisition,Payment Voucher dll) hingga external perusahaan (Invoice,Faktur Pajak, dll)

image

Report, adalah sebuah laporan yang merupakan kesimpulan terhadap sebuah objek analisis berdasarkan parameter-parameter tertentu. Misalkan Sales Report,dll.

image

SAP Business One menyediakan beberapa tools untuk user didalam mengembangkan report-report tambahan atau user defined report (UDR). (Terkadang) setelah consultant pergi alias tidak di Site Customer lagi atau karena jatah report dari consultant yang terbatas, mau tidak mau user harus ‘bersemangat’ untuk mendevelop report baru sendiri. B1 menyediakan beberapa tools untuk membuat report dengan tools standard B1

  • Query Report (QR), inilah cara membuat report paling instan di B1, cukup menuliskan syntax SQL (B1 Query hampir support semua syntax T-SQL di SQL Server) yang bisa ditambahkan parameter [%0] … [%20] di Query generator atau menggunakan Query Wizard. Output QR adalah Tabular Report (alias berisi laporan yang hanya berisi kolom-kolom saja tanpa header). Namanya juga instan Reporting sifatnya masih mentah jadi biasanya di Export ke Excel image terlebih dahulu kemudian di modifikasi sedemikian rupa sebelum disajikan ke manajemen. Bagi saya pribadi (IMHO) ,QR ini adalah B1 Reporting Tools yang paling powerfull dan flexibel dari segi data. Selama sebuah data di Input ke B1 kita bisa menjangkau data itu sebab kita seakan-akan langsung masuk ke B1 Company Database tanpa perlu melalui objek-objek reporting (yang cenderung terbatas) seperti XL Reporter he he he (nanti saya di Demo para XL Reporter Mania seperti Pak Dody ^_*)

image

  • XL Reporter (XLR), sembari nunggu pak Dody merampungkan Post khusus XL reporter (iya kan Pak Dody?🙂 ), saya ingin menjelaskan secara general mengenai sebuah Addon yang awalnya dibuat iLytix sebuah partner asal amrik (benarkah ??? T_T) yang diberi judul XL Reporter (XLR) yang diakuisisi oleh SAP menjadi paket addon B1 atas nama SAP. Sesuai namanya, output XLR adalah Formatted Microsoft Excel. Maksudnya Macro Excel File yang berisi data namun sudah di beri sentuhan aksesories dan keindahan misalkan parameter-parameter report header,logo, tambahan formula khusus, dll. Walau pada bagian QR , XLR sedikit saya cela (hi hi hi), tapi setelah saya amatin lama kelamaan XLR sudah semakin edun aja. Sudah support User Defined Fields dan penambahan beberapa Meta Data Object telah membuat semakin menakjubkan. XLR di B1 akan membuat semacam Meta Data Database (yang berisi mappping field B1 dan XLR punya logic), kemudian hasil mapping meta data tadi yang saya sebut Report Object itu akan ditampil kan di Report Composer tinggal drag-drag report objectnya saja atau langsung pointing di Report Designer dengan ixGet(“???”) => apaan sih ini hi hi hi. Setelah selesai kita bisa tambahkan parameter terus execute deh … (lihat gambar Book6 contoh output)

image

image

Hayooo mau pilih mana Query Report QR/ Query Print Layout QPL atau XL Rpeorter XLR ? Soal ini tergantung selera masing-masing saya tidak berhak menjerumuskan rekan-rekan soal milih hal ini sama seperti pilih SAP atau Oracle hi hi hi. Detail Work Step untuk masing-masing Reporting Tools nanti akan kita bahas di lain Posts .

7 responses to “SAP B1 Reporting Tools

  1. Pak B1Admin, saya mau tanya di SAP Business One ini bisa integrasi dengan Crystal Report tidak ?

    Thx.

  2. Pak Andi,
    Crystal Report itukan tools reporting khusus, untuk integrate dengan B1, objeck nya Crystal Repor harus ada di Addonnya B1. Setelah itu kita tinggal panggil. Jadi konsepnya kita query dulu data yg akan di tampilkan ke crystal report baru di push ke form-nya Crystal Report supaya diload pake Viewernya CR.

  3. Apakah bapak mempunyai tutorial XL Reporter. Bantuan anda akan sangat membantu saya karena saya sedang mempelajari penggunaan XL reporter karena menggunakan PLD sangat tidak efektif menurut saya.

    Thanks.

  4. to.Lily saya ada materi training XL Reporter tapii saya rasa standard sih

    to view87: report yang seperti ama nih mbak ? xl reporter atau pakai dotnet?

  5. mas,
    bisa nggak kita ambil data dari user tables terus di combine dengan tabel standard SBO

  6. ditempat saya baru implementasi SAP Business One
    boleh ngga dishare untuk cara dan penambahan add on SAP Business One nya (mungkin dalam bentuk e-book).🙂

    saya mau belajar dari awal untuk SAP Business One tapi ngga tau dari mana ….

    untuk License SDK nya saya sudah membeli nya juga

    mohon bantuannya..
    terimakasih sebelum nya

Leave a Reply

