Bayar SAP Maintenance ?

Banyak client saya bertanya apa sih gunanya kita bayar maintenance ke SAP yang jumlahnya lumayan lah 17% dari total value license yang kita beli. Misalkan kita beli 5 professional license seharga EUR 2,000 maka maintenance per tahun yang kita bayarkan adalah 17%*(5*2,000)=EUR 1700 atau sekitar 25,5 jt per tahun. Itu kalau lima kalau lebih tebak sendiri lah🙂.

Namun sebelum saya jelaskan kenapa kita (harus) bayar, saya jelaskan definisi maintenance dulu, karena banyak yang salah kaprah soal definisi maintenance. Maintenance yg kita bayarkan ke SAP adalah maintenance terhadap Produk SAP Business One as it is. Jadi bukan maintenance terhadap konfigurasi atau misalkan CR ( Change request) terhadap suatu function atau bikin report baru, bukan semacam itu. Maintenance yang dimaksud jika ada apa terhadap program SAP atau database kita akan dapet support dari SAP world wide.

Kenapa kita harus bayar ? well, business harus berjalan, begitu juga SAP yang harus menggaji tim support dan developer yang senantiasa melakukan Research & Development (R&D) terhadap produk SAP berjalan serta pengembengan ke depan. Nah uang yg kita bayarkan itu ditujukan untuk dapurnya R&D-nya SAP. So, makanya kenapa jika kita ikut program maintenance maka kita FREE dapet update patches hingga upgrade version.

Bagaimana jika kita tidak bayar ? Semua customer SAP B1 diwajibkan bayar maintenance tahun pertama. Namun tidak menutup kemungkinan mereka tidak membayar di tahun kedua dan selanjutnya. Well, soal join atau tidak itu adalah hak asasi manusia (halahh) setiap customer. Namun jika terjadi sesuatu, misalkan database corrupt dan lain2 yg terkait SAP Produk maka tidak akan disupport selain itu customer diwajibkan membayar denda + membayar maintenance tahunan yg belum sempat dibayar. Ribet kan malah lebih mahal ujung-ujungnnya. Nah loh terus gimana donk ???. Intinya sih tentukan strategi software & maintenance software dengan bijak ^_^.

 

*harga ini hanya contoh ilustrasi dan tidak menunjukkan price list professional license resmi dari SAP Indonesia

2 responses to “Bayar SAP Maintenance ?

  1. Sebaiknya anda tidak usah publish maintenance fee calculation di blog ini.

    Suatu saat produk ini akan sink. Apalagi blog ini membeberkan semua hidden cost software ini.

  2. Kalau saya lihat dari sisi seorang programmer, sangat bagus penghargaan yang di berikan user dari hasil jerih payah mendevelope Aplikasi ERP ini, tetapi kalau dari sisi seorang user (acct. terutama) ini adalah cost yang memberatkaaaaaan…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s